Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form, maka Kali ini kuliahonline.net menyampaikan tentang Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form sebagai berikut:

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form

Hello Mbak Erna Mega,
Untuk menjawab pertanyaan Mbak Erna mengenai DAAD, mudah-mudahan saya bisa sedikit sharing dari apa yang telah saya lalui sewaktu memperoleh beasiswa DAAD Professional from Developing Countries bbrp tahun lalu.
1. Mengenai “research project in Germany”.
Sejauh yang saya ketahui, baik program Master maupun PhD lewat beasiswa DAAD tetap mensyaratkan adanya research project. Hal ini karena sistem pendidikan di Jerman untuk Master biasanya bersifat by course + research + internship, tak hanya by course seperti sistem pendidikan master dibeberapa negara lainnya. Kalau yg PhD sudah jelas, mutlak harus research.
Dengan demikian, sebaiknya Mbak Erna mempersiapkan sebuah rencana riset yang berhubungan dengan study yang akan ditempuh. Karena sifatnya masih tentative (masih akan dipertajam sewaktu studi), rencana research project yang disiapkan tak usah terlalu panjang dan detil. Cukup maksimal 5 halaman saja, namun sudah mengakomodir informasi mengenai riset yang akan Mbak Erna lakukan untuk thesis/dissertasi nantinya, seperti research questions, research aims and objectives, hypotheses/proposition, main literature, methodology dan references.
So, karena ini sifatnya spesifik (sesuai dengan kebutuhan dan rencana riset kita masing-masing) tak ada bentuk baku/standard apalagi form-nya.
2. Pilihan universitas.
Tak usah khawatir kalau Mbak Erna hanya ingin milih satu universitas saja – tak ada keharusan untuk mengisi ketiga pilihan universitas sebagaimana yg disediakan dalam Form DAAD.
3. Untuk penterjemah tersumpah
Kalau dulu saya menggunakan penterjemah tersumpah (kalau tak salah Loius Liem – CMIIW) yang ada di Melawai-Jaksel. Nggak tahu sekarang tarifnya berapa tapi sejauh yang saya tahu, asalkan kita menggunakan penterjemah tersumpah walau bukan dalam referensi DAAD Jakarta rasanya tidak ada masalah.
Demikian Mbak, semoga terbantu dengan info sederhana ini.
Hafiz Rahman
Researcher – EMERGE Research Group
The Business School
Univ. of Huddersfield
Huddersfield – UK

From: erna mega
To: Beasiswa
Sent: Tuesday, July 24, 2012 12:37 PM
Subject: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form

Hallo Milis,

Saya juga berencana apply DAAD tahun ini yang deadlinenya 31 July :(, saya ada beberapa pertanyaan, semoga bisa bantu.

Sorry kalau repost, saya sudah cari di group archive, ada beberapa jawaban, tapi saya masih ragu

1. Untuk pertanyaan no 10 : Study/research projects in Germany (Please only outline your project here and attach a precise and detailed description on separate sheet(s)) .
Bagaimana pengisiannya? Apakah yang ambil Master perlu juga diisi? atau khusus untuk PhD? sehingga yang ambil Master dikosongkan saja?

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/40790 

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/40784 

2. Untuk pertanyaan no 7 : (Choice of host university/institution in Germany (please give priorities if any))
Apakah sebaiknya diisi 3 pilihan? Saat ini program master yang saya mau ambil hanya ada di satu universitas. Gimana kalau saya mau apply program lain yang juga di universitas berbeda berarti berpengaruh sama Statement of Motivation juga yach? kan jadi beda minat programnya? mohon petunjunknya.

2. Dokumen2 seperti Academic Degree, Transcript, dll terjemahkan dimana? Saya hanya perlu referensi, saya sudah kontak penterjemah tersumpah yang ada di list web kedutaan Jerman, ratenya diatas 100rb per lembar, mungkin milis punya referensi lain? gimana kita tahu bahwa orang2 tersebut penerjemah tersumpah?
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/message/36449 
 

Terima kasih atas bantuannya
Best Regards,

__._,_.___

84 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Demikianlah artikel mengenai Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] DAAD Form Semoga Bermanfaat Bagi Anda.